| dc.description.abstract | Penelitian ini adalah tahap awal dari pelaksanaan penelitian mengenai system pengereman  regenerative  mobil  listrik  Universitas  Jember,  Aplikasi  system pemulihan energi menggunakan energi kinetik pada mobil listrik pada saat melakukan pengereman. Aplikasi  KERS  (Kinetic  Energy  Recovery  System)  diharapkan  dapat  memperbaiki performa system penyimpanan energy listrik dan meningkatkan jarak tempuh mobillistrik dengan adanya system regenerative pada system pengisian baterai sebgai hasil bangkitan dari system pengereman.Sistem pengereman regeneratif yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan membuat prototype yang terdiri atas tiga komponen utama yakni CVT (continously variable transmission), flywheel dan clutch. Data yang diperoleh pada hasil percobaan  menunjukkan  hubungan  parameter-parameter  yaitu  kecepatan  roda  mobil, kecepatan  flywheel  dan  durasi  flywheel  pada  saat pengereman.  Pada  salah  satu hasil pengambilan data diperoleh data kecepatan roda sebesar 680 rpm, kecepatan flywheel 128 rpm dengan durasi putaran flywheel setelah pengereman adalah 21,42 detik. | en_US |