ANALISIS DISKRIMINAN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HARIAN PAGI RADAR JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel marketing mix
(produk, harga, promosi, tempat, orang/penyampai jasa, proses, dan bukti fisik)
dapat membedakan keputusan konsumen membeli atau tidak membeli Harian Pagi
Radar Jember, dan untuk menganalisis variabel marketing mix manakah yang
berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen membeli atau tidak
membeli Harian Pagi Radar Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
masyarakat Kabupaten Jember yang membeli Harian Pagi Radar Jember. Sampel
penelitian adalah 100 responden yang dipilih berdasarkan metode purposive
random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis diskriminan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku antara konsumen
membeli dengan konsumen tidak membeli Harian Pagi Radar Jember. Sedangkan
faktor marketing mix yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan
membeli atau tidak membeli Harian Pagi Radar Jember adalah faktor proses yang
diwakili oleh variabel media pemesanan. Faktor marketing mix yang dominan
kedua adalah faktor orang/penyampai jasa yang diwakili oleh variabel
pengetahuan karyawan.