Show simple item record

dc.contributor.authorYayan Suryana
dc.date.accessioned2014-05-07T01:56:54Z
dc.date.available2014-05-07T01:56:54Z
dc.date.issued2014-05-07
dc.identifier.nimNIM100210204017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57483
dc.description.abstractPembelajaran matematika di kelas V c SDN Ajung 03 masih menggunakan pembelajaran konvensional yakni ceramah dan penugasan. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan tersebut, perlu dilakukan suatu tindakan alternatif berupa penerapan model pembelajaran lain yang mengutamakan keaktifan siswa dan memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajarnya secara maksimal. Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas V c SDN Ajung 03; 2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas V c SDN Ajung 03; dan 3) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas V c SDN Ajung 03. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan, penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas V c SDN Ajung 03; 2) meningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas V c SDN Ajung 03; dan 3) meningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas V c SDN Ajung 03. Pengambilan data dalam Penelitian ini dilakukan di kelas V c SDN Ajung 03 dengan subjek penelitian 31 siswa yang terdiri atas 13 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 25 November 2013 sampai 8 Desember 2013. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 59,45% (kategori cukup aktif) kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase aktivitas belajar siswa mencapai 64,52% (kategori aktif). Hasil tes belajar yang diperoleh siswa rata-rata naik sehingga ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal juga meningkat. Peningkatan aktivitas belajar siswa mencapai 12,91%. Skor rata-rata siswa pada siklus I mencapai 48,39 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,65. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,26 Saran yang perlu dipertimbangkan baik guru dan peneliti lain yaitu, pengorganisasian kelas serta manajemen waktu harus dilakukan dengan maksimal karena pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) membutuhkan waktu yang lama dan siswa yang kurang memahami materi perlu diberikan bimbingan dan motivasi dari guru. Inti dari pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) adalah pada saat answering (pemberian jawaban), oleh karena itu saat aktivitas answering harus lebih difokuskan. Permasalahan yang muncul selama penelitian ini yakni siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah, hal tersebut dapat menjadi bahan penelitian yang perlu dikaji supaya pembelajaran matematika lebih baik lagien_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204017;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Kubus dan Baloken_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS V c SDN AJUNG 03 TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record