ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN BAGI TENAGA ADMINISTRASI DI INSTALASI RAWAT JALAN RSD dr.SOEBANDI JEMBER
Abstract
Selanjutnya, pada tahap kedua penelitian dapat teridentifikasi kompetensi aktual pengetahuan tenaga administrasi yaitu: 43% responden memiliki pengetahuan yang baik tentang pelayanan prima; 48% responden memiliki pengetahuan yang baik tentang administrasi; 43% responden memiliki pengetahuan yang baik tentang komputer; dan 39% responden memiliki pengetahuan yang baik tentang SIM-RS. Selain itu, pada kompetensi aktual sikap tenaga administrasi diketahui bahwa: 83% responden memiliki sikap yang baik dalam memberikan pelayanan prima; 100% responden memiliki sikap yang baik dalam melakukan kegiatan administrasi; 87% responden memiliki sikap yang baik dalam pengoperasian komputer; dan 87% responden memiliki sikap yang baik dalam pengoperasian SIM-RS. Terakhir pada kompetensi aktual keterampilan tenaga administrasi diketahui bahwa: 22% responden memiliki keterampilan yang baik dalam memberikan pelayanan prima; 65% responden memiliki keterampilan yang baik dalam melakukan kegiatan administrasi; 48% responden memiliki keterampilan yang baik dalam pengoperasian komputer; dan 43% responden memiliki keterampilan yang baik dalam pengoperasian SIM-RS.
Berdasarkan hasil kompetensi standar dan kompetensi aktual tenaga administrasi dapat disimpulkan bahwa rata-rata terdapat kesenjangan pada semua komponen kompetensi. Akan tetapi, terdapat satu komponen kompetensi yang tidak menunjukkan kesenjangan yaitu sikap dalam melakukan kegiatan administrasi. Hasil analisis kesenjangan kompetensi tersebut merupakan gambaran keadaan yang sebenarnya bahwa tenaga administrasi di Instalasi Rawat Jalan RSD dr.Soebandi Jember memang membutuhkan suatu pelatihan untuk dapat meningkatkan kompetensinya.
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2275]