PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DISERTAI TEHNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII D SMP NEGERI 14 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Analisis hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa , hal
ini dapat diketahui berdasarkan persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa yang
diperoleh. Pada siklus I persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa secara individu
yang dicapai adalah 60,38%, sedangkan pada siklus II persentase rata-rata seluruh
aktivitas siswa sebesar 76,95% sehingga meningkat sebesar 16,57%. Sedangkan
untuk aktivitas siswa secara kelompok juga mengalami peningkatan. Pada siklus I
memperoleh presentasi sebesar 85,81% sedangkan pada siklus II mencapai skor
90,27%. Begitupun untuk hasil kuis pada siklus I memperoleh 76,57% da n pada
siklus II mencapai 85,71%. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 9.14%.
Pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 76,40%, sedangkan pada
Siklus II ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh adalah 85,22% sehingga pada
siklus II dikatakan tuntas karena telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang
ditentukan sekolah yaitu ≥85%.
Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran STAD disertai Mind Mapping ini dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VIII D SMP Negeri 14 Jember pada pembelajaran sub pokok bahasan
persamaan garis lurus. Oleh karena itu, disarankan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran STAD disertai mind mapping sebaiknya dijadikan
sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas pada saat
pokok bahasan persamaan garis lurus.