PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE STAD POKOK BAHASAN TABUNG DAN KERUCUT UNTUK SISWA SMP KELAS IX
Abstract
Dari analisis validasi ahli dan uji coba lapang menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran berbasis CTL dengan setting kooperatif tipe STAD telah memenuhi
kriteria kelayakan perangkat pembelajaran yaitu valid, praktis, dan efektif. RPP, LKS,
dan THB memiliki tingkat kevalidan 3,5; 3,8; dan 3,7 dengan masing-masing
mencapai kategori valid. Persentase kemampuan pengelolaan pembelajaran oleh guru
pada pertemuan I,II, dan III di kelas IX-A adalah 83,3%, 88,9%, dan 91,7%
sedangkan IX-B adalah 86,1%, 88,9% dan 94,4%. Persentase aktivitas siswa baik di
kelas IX-A dan IX-B diperoleh lebih dari 80%, lebih dari 80 % juga siswa
memberikan respon positif, serta lebih dari 85% siswa telah mencapai ketuntasan
minimal skor 60. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang
telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis CTL dengan
setting kooperatif tipe STAD Pokok Bahasan Tabung dan Kerucut untuk kelas IX
SMP yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMP untuk melaksanakan
kegiatan pembelajaran matematika.