PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMBANTU SISWAMENGATASI KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP PLUS MIFTAHUL ARIFIN TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Hasil analisis aktivitas siswa mengalami peningkatan, untuk setiap
pertemuannya. Seperti halnya aktivitas siswa, aktivitas guru juga mengalami
peningkatan setiap pertemuan. Peningkatan aktivitas siswa dan guru ini sangat
membantu keberhasilan penerapan model pembelajaran CTL untuk membantu
siswa mengatasi kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita bilangan bulat.
Ada 4 jenis kesalahan yang akan diteliti yaitu kesalahan menafsirkan
bahasa, kesalahan menggunakan tanda atau simbol, kesalahan tekhnis, kesalahan
lain yaitu ketiadaan jawaban atau langkah-langkah penyelesaian. Pada kesalahan
menafsirkan bahasa, mula-mula sebesar 13,97% menjadi 0,37%, kesalahan
penggunaan tanda atau symbol juga menurun dari 1,23% menjadi 0,37%,
kesalahan teknis menurun dari 4,41% menjadi 1,47%, dan kesalahan lain menurun
dari 3,68% menjadi 1,29%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran CTL dapat membantu siswa mengatasi kesalahan dalam
menyelesaikan soal cerita bilangan bulat.