Show simple item record

dc.contributor.authorDian Tri Lestari Haryoto
dc.date.accessioned2014-04-23T02:15:39Z
dc.date.available2014-04-23T02:15:39Z
dc.date.issued2014-04-23
dc.identifier.nimNIM082310101048
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57336
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan orang tua di ruang rawat inap paviliun Melati RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 133 pasien anak yang dirawat di ruang rawat inap paviliun Melati RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso dengan jumlah sampel 56 orang tua anak. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan cara accidental purposive sampling. Penelitian dilakukan di ruang rawat inap paviliun Melati kelas I, kelas II, dan kelas III RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari kuesioner sebagai alat pengumpul data dan sumber data sekunder yang diperoleh dari data mengenai pasien anak yang dirawat di ruang rawat inap paviliun Melati RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji Alpha Cronbach. Analisis data karakteristik orang tua menggunakan analisa univariat, sedangkan untuk analisa komunikasi perawat dan tingkat kepuasan orang tua selama proses hospitalisasi anak menggunakan menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan 5%. Komunikasi perawat diketahui bahwa sebanyak 31 responden (55,4%) perawat berkomunikasi cukup baik dan sebanyak 25 responden (44,6%) perawat berkomunikasi baik, dan tidak terdapat perawat yang berkomunikasi kurang baik (0%). Hasil analisis data deskriptif tingkat kepuasan orang tua selama proses hospitalisasi anak diperoleh sebanyak 24 responden (42,9%) memiliki tingkat kepuasan tinggi, sebanyak 32 responden (57,1%) memiliki tingkat kepuasan sedang, dan tidak terdapat responden yang memiliki tingkat kepuasan rendah. Hasil analisa data menggunakan uji chi-square didapatkan hasil bahwa nilai p value = 0,003 dengan taraf signifikan sebesar 0,05, dengan demikian maka Ha diterima, yang artinya adalah ada hubungan antara komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan orang tua selama proses hospitalisasi anak di ruang rawat inap paviliun Melati RSU. dr. H. Koesnadi Bondowoso. Pada tabel 2x2 dituliskan bahwa nilai (OR) Odd Ratio sebesar 6,333 yang artinya adalah komunikasi perawat baik akan berpeluang 6,333 kali untuk memiliki tingkat kepuasan tinggi dalam memberikan pelayanan keperawatan anak.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries082310101048;
dc.subjectKomunikasi Perawat, Kepuasan Orang Tua, Hospitalisasi Anaken_US
dc.titleHUBUNGAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN ORANG TUA SELAMA PROSES HOSPITALISASI ANAK DI RUANG RAWAT INAP PAVILIUN MELATI RSU dr. H. KOESNADI BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record