PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN STORYTELLING DAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN DI TK AL HIDAYAH AJUNG KABUPATEN JEMBER
Abstract
Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun telah menjadi salah satu gerakan yang
dicanangkan oleh pemerintah.World Health Organization (WHO) dalam
Departemen kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI) (2011) menyatakan
bahwa cuci tangan pakai sabun mampu untuk mengurangi angka diare sebanyak
45%. Akan tetapi pemakaian sabun untuk cuci tangan hanya mencapai sekitar 3%
dari seluruh masyarakat yang menggunakan sabun untuk cuci tangan . Rendahnya
perilaku cuci tangan pakai sabun pada masyarakat dapat menimbulkan resiko
penyebaran penyakit infeksi. Kelompok masyarakat yang paling mudah untuk
terserang peyakit infeksi adalah anak prasekolah. Rendahnya perilaku cuci tangan
pakai sabun ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan pada anak prasekolah
sehingga mereka belum memahami pentingnya cuci tangan pakai sabun untuk
menjaga kesehatan.
Pendidikan kesehatan pada anak usia prasekolah dapat diberikan dengan
menggunakan metode yang menyenangkan dengan menggunakan media yang
disukai anak-anak. Storytelling dan permainan ular tangga merupakan salah satu
metode yang inovatif untuk memberikan pendidikan kesehatan pada anak usia
prasekolah. Penggunaan metode yang menarik dan menyenangkan dapat membuat
anak usia prasekolah lebih mudah untuk memahami pendidikan kesehatan tentang
mencuci tangan pakai sabun.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh pendidikan
kesehatan menggunakan storytelling dan permainan ular tangga terhadap tingkat
pengetahuan mencuci tangan pakai sabun pada anak usia prasekolah. Jenis
penelitian yang digunakan pada penelitian adalah pre eksperimental dengan
rancangan one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah 76
siswa, sampel dari penelitian ini adalah 20 siswa yang diambil dengan teknik
probability sampling sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Uji yang digunakan
dalam penelitian ini adalah uji mann whitney u test.
Hasil penelitian tingkat pengetahuan mencuci tangan pakai sabun pada
anak usia prasekolah sebelum diberikan intervensi terhadap 20 responden yang
dibagi menjadi 10 responden dalam kelompok storytelling dan 10 responden
dalam kelompok ular tangga yaitu pada tingkat pengetahuan kurang sebanyak
50% pada kelompok storytelling dan 60% pada kelompok permainan ular tangga.
Tingkat pengetahuan cukup sebanyak 50% pada kelompok storytelling dan 40%
pada kelompok permainan ular tangga. Hasil yang didapat setelah dilakukan
intervensi 60% pada kelompok storytelling dan kelompok permainan ular tangga
memiliki tingkat pengetahuan baik dan 40% pada kelompok ular tangga memiliki
tingkat pengetahuan cukup.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa p value pada masing-masing
kelompok adalah 0,001 (α = 0,05). Kesimpulan yang didapatkan adalah terdapat
pengaruh pada pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode storytelling
dan permainan ular tangga terhadap tingkat pengetahuan mencuci tangan pakai
sabun di TK Al-Hidayah Ajung Kabupaten Jember.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1548]