ANALISIS BRAND ASSOCIATION PRODUK FLASHDISK PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Brand Association Produk Flashdisk pada
Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Jenis dari
penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang
menggambarkan data yang telah terkumpul tanpa bermaksud membuat
kesimpulan secara umum (generalisasi). Penelitian ini berdasarkan pada data
primer yang diambil dari kuesioner pada responden (Mahasiswa Reguler Jurusan
Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember Tahun Angkatan 2005 sampai
2009 yang pernah membeli atau mengetahui produk Flashdisk seperti Kingston,
Jogr A-Data dan Easy Disk).
Untuk menganalisis Brand Association pada produk Flashdisk dengan
indikator produk memiliki harga yang murah, produk dikemas dengan bagus,
produk dengan beraneka pilihan bentuk, produk tahan lama, produk memiliki
garansi, produk dapat memindah data dengan cepat, produk mudah didapatkan.
Digunakan beberapa metode yaitu dengan uji reliabilitas dengan metode
Spearman-Brown dan Test Cochran.
Dari hasil analisis diperoleh bahwa produk Flashdisk merek Kingston dan
Jogr A-Data merupakan merek Flashdisk yang layak memiliki brand image yang
didalamnya terkandung atribut asosiasi-asosiasi produk memiliki harga yang
murah, produk dengan beraneka pilihan bentuk, produk tahan lama, produk
memiliki garansi, produk dapat memindah data dengan cepat dan produk mudah
didapatkan. Selain itu produk Flashdisk merek Kingston tidak layak memiliki
asosiasi produk dikemas dengan bagus. Sedangkan produk Flashdisk merek Easy
Disk tidak layak memiliki asosiasi-asosiasi produk dikemas dengan bagus dan
produk dapat memindah data dengan cepat.