• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MEDIA VIDEO KEJADIAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus)

    Thumbnail
    View/Open
    Retno Palupi Kusuma Wardhani - 090210102071_1.pdf (251.8Kb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    RETNO PALUPI KUSUMA WARDHANY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kalisat. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah time-series design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan perhitungan Uji ttest. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan pengujian hipotesis dua pihak. Hasil perhitungan uji ttest untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh nilai t sebesar 13,898, 20,942 , dan 15,047 dengan signifikansi 5%. Nilai sig  0,05 sehingga ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media video kejadian fisika. Untuk menguji aktivitas belajar siswa diperoleh hasil persentase sebesar 82,12% sehingga termasuk kategori sangat aktif. Dengan demikian aktivitas belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media video kejadian fisika lebih tinggi daripada sebelum pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media video kejadian fisika, (2) aktivitas belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media video kejadian fisika lebih tinggi daripada aktivitas belajar fisika sebelum pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57328
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository