ANALISA VARIASI JUMLAH LILITAN PADA ALAT PENGHEMAT BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN 4 LANGKAH
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh penggunaan elektromagnet pada saluran bahan bakar motor
bensin 4 langkah dengan variasi jumlah lilitan terhadap emisi gas buang dan
konsumsi bahan bakar. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Konversi Energi
Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember. Peralatan yang digunakan
dalam pengujian adalah Motor Bensin 4 Langkah dengan merk mesin Honda Supra x
125D, Gas Analyzer, buret, gelas ukur, stop wach, tachometer, dan aki 12 volt. Bahan
yang digunakan adalah Premium RON 88, kawat berdiameter 0,6 cm, pipa
berdiameter 1” dengan panjang 12 cm, dan ring 18 cm. Variasi jumlah lilitan
elektromagnet mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar paling
efisien terdapat pada penggunaan variasi jumlah lilitan 1000 lilitan dari kondisi bahan
bakar keadaan standar sebesar 0,57 Kg/jam menjadi 0,43 Kg/jam pada putaran 3000
RPM dengan peningkatan efisiensi sekitar 8,14 %. Meskipun hasil ini lebih kecil dari
hasil penelitian sebelumnya sebesar 20,35%, tetapi pada putaran mesin 9000 RPM
hasil penelitian ini menghasilkan FC yang lebih rendah, yaitu 0,81 Kg/jam dibanding
1,19 Kg/jam.