• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING LABORATORY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 TANGGUL

    Thumbnail
    View/Open
    FITRI HARIANI - 090210102079_1.pdf (87.97Kb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    FITRI HARIANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanggul. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent-Sample T-test program SPSS 16 dengan taraf signifikansi 5%. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan pengujian hipotesis pihak kanan. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 diperoleh nilai t pada equal variance assumed adalah 2,571 dengan signifikansi (1- tailed) 0,006. Nilai sig  0,05 sehingga skor rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test nilai t pada equal variance assumed adalah 2,071 dengan signifikansi (1-tailed) 0,004  0,05, sehingga nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model problem solving laboratory berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tanggul, dan (2) model problem solving laboratory berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tanggul.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57317
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository