dc.description.abstract | Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai validasi bahan ajar berbasis
pembelajaran kontekstual dari seluruh validator mencapai 83,39% dengan tingkat
validitas sangat layak. Uji keterbacaan dilakukan pada 30 siswa (responden) kelas XI
IPA yang telah mendapatkan materi virus. Sedangkan rata-rata nilai uji keterbacaan
dan tingkat kesulitan bahan ajar berbasis pendekatan pembelajaran kontekstual ini
adalah 75,21% dimana validitas bahan ajar termasuk layak (baik). Rata-rata untuk
semua aspek penilaian pada angket respon siswa terhadap pembelajaran dan bahan
ajar adalah sebesar 82,42% dimana pembelajaran dan bahan ajar termasuk dalam
kategori baik. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar termasuk
dalam kategori layak (baik). serta penggunaan buku siswa berbasis inkuiri mampu
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis
menggunakan uji Paired Samples t-test untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai
pretest dan post-test, nilai afektif dan psikomotor pada pertemuan pertama dan kedua
berturut-turut yang menunjukkan signifikansi 0,000; 0,001; dan 0,000. Peningkatan
hasil belajar juga dapat dilihat dari besarnya perbedaan rata-rata nilai pretest dan
post-test, nilai afektif dan psikomotor pada pertemuan pertama dan kedua berturutturut
adalah 34,34; 5,43; dan 8,11. | en_US |