Show simple item record

dc.contributor.authorNANIK PURWATI
dc.date.accessioned2014-04-23T01:10:22Z
dc.date.available2014-04-23T01:10:22Z
dc.date.issued2014-04-23
dc.identifier.nimNIM090210103041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57301
dc.description.abstractHasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai validasi bahan ajar berbasis pembelajaran kontekstual dari seluruh validator mencapai 83,39% dengan tingkat validitas sangat layak. Uji keterbacaan dilakukan pada 30 siswa (responden) kelas XI IPA yang telah mendapatkan materi virus. Sedangkan rata-rata nilai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan bahan ajar berbasis pendekatan pembelajaran kontekstual ini adalah 75,21% dimana validitas bahan ajar termasuk layak (baik). Rata-rata untuk semua aspek penilaian pada angket respon siswa terhadap pembelajaran dan bahan ajar adalah sebesar 82,42% dimana pembelajaran dan bahan ajar termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar termasuk dalam kategori layak (baik). serta penggunaan buku siswa berbasis inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis menggunakan uji Paired Samples t-test untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai pretest dan post-test, nilai afektif dan psikomotor pada pertemuan pertama dan kedua berturut-turut yang menunjukkan signifikansi 0,000; 0,001; dan 0,000. Peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari besarnya perbedaan rata-rata nilai pretest dan post-test, nilai afektif dan psikomotor pada pertemuan pertama dan kedua berturutturut adalah 34,34; 5,43; dan 8,11.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103041;
dc.subjectBahan Ajar Virus, Pembelajaran Kontekstual dalam, Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIRUS BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record