PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DILENGKAPI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Jamur Kelas X Semester Gasal tahun ajaran 2013/2014 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil
belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah Problem
Based Learning yang dilengkapi dengan teknik Mind Mapping pada mata
pelajaran Biologi pokok bahasan Jamur (fungi) kelas X3 semester gasal tahun
pelajaran 2013/2014 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Peningkatan motivasi
siswa sebesar 10,60% dengan rincian pada aspek attention mengalami
peningkatan sebesar 8,53%, aspek relevance meningkat sebesar 10,63%, aspek
confidence meningkat sebesar 16,53%, dan aspek satisfaction meningkat
sebesar 6,72%. Peningkatan ketuntasan klasikal ranah kognitif sebesar 72,98%.
Pada ranah afektif meningkat sebesar 3,06%.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan
adalah ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan
pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning yang dilengkapi
dengan teknik Mind Mapping di SMAN 1 Pakusari Jember.