PENGARUH VARIASI PRODUK DAN PELAYANAN YANG DITAWARKAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KOPERASI PEGAWAI REPUPLIK INDONESIA (KP-RI ) GANESHA KECAMATAN KLAKAH KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2013
Abstract
Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen di dalam
koperasi diantaranya yaitu variasi produk dan pelayanan yang diberikan oleh pihak
koperasi tersebut kepada konsumen, seperti halnya yang terjadi pada KP-RI Ganesha
kecamatan Klakah kabupaten Lumajang. Pada KP-RI Ganesha kecamatan Klakah
kabupaten Lumajang tersebut hal yang paling utama diperhatikan oleh pengurus dan
pengawas dalam menjalankan usahanya yaitu dengan memberikan variasi produk dan
pelayanan yang maksimal kepada konsumen. Adanya variasi produk dan pelayanan
yang bagus pada KP-RI Ganesha kecamatan Klakah kabupaten Lumajang maka
konsumen akan merasa senang dan puas ketika berbelanja pada koperasi tersebut.
Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari variasi produk
dan pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen KP-RI Ganesha
kecamatan Klakah kabupaten Lumajang pada unit usaha pertokoan tahun 2013/2014
dan untuk mengetahui manakah diantara variabel variasi produk dan pelayanan yang
paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen KP-RI Ganesha
kecamatan Klakah kabupaten Lumajang pada unit usaha pertokoan tahun 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan
untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode purposive. Untuk
menentukan jumlah responden menggunakan metode accidental sampling sebanyak
40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, garis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F, uji t, dan
koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi produk dan pelayanan memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada KP-RI Ganesha
kecamatan Klakah kabupaten Lumajang pada unit usaha pertokoan tahun 2013/2014.
Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F menghasilkan F
F
hitung
= 78,737 > F
= 3,252 dengan tingkat taraf signifikan α = 0.05 > 0.000 dan
koefisien determinasi (R
tabel
) sebesar 81% sedangkan sisanya yaitu 19% dipengaruhi
variabel bebas lainnya yang tidak diteliti, seperti harga, lokasi, promosi, kualitas
produk, dan lain-lain.
square
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variasi produk dan
pelayanan memberikan kontribusi yang positif terhadap kepuasan konsumen pada
KP-RI Ganesha kecamatan Klakah kabupaten Lumajang pada unit usaha pertokoan.
Hal ini dikarenakan variasi produk dan pelayanan merupakan hal utama yang
diperhatikan oleh konsumen dalam membeli produk-produk pada KP-RI Ganesha
kecamatan Klakah kabupaten Lumajang. Jadi, pihak koperasi harus dapat
mempertahankan dan meningkatkan variasi produk dan pelayanan yang ada di KP-RI
Ganesha Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang tersebut.