• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

    Thumbnail
    View/Open
    Nurul Noviyanti - 090210301076_1.pdf (173.6Kb)
    Date
    2014-04-22
    Author
    Nurul Noviyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X AK 1 di SMK Negeri 1 Jember semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menjelaskan tahapan proses pencatatan transaksi menggunakan bahan ajar multimedia. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar multimedia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X AK 1 di SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menjelaskan tahapan proses pencatatan transaksi. Pada siklus I diketahui skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 2,47 dan termasuk dalam kategori sedang, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3,15 dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar yang dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa yaitu 73,05 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,15% mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 82,15 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,89%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar multimedia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi SMK Negeri 1 Jember agar bahan ajar multimedia terus digunakan dalam pembelajaran berikutnya terutama pada materi yang memiliki karakteristik yang sama dengan materi tahapan proses pencatatan transaksi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57282
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository