PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TANGGUL TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa hasil belajar dan karakter siswa ada peningkatan. Pada siklus I hasil belajar aspek kognitif sebesar 67,67% dan hasil belajar aspek afektif sebesar 57,17% dan psikomotor sebesar 58,58%. Pada siklus II hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan menjadi 78,78%, sedangkan hasil belajar aspek afektif sebesar 75,75% dan hasil belajar aspek psikomotor sebesar 76,76%. Pada siklus I karakter siswa secara klasikal mengalami peningkatan menjadi 64,33% yang termasuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus II karakter siswa mengalami peningkatan menjadi 75,75% yang termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan hasil belajar, peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran sejarah; (2) terdapat peningkatan karakter siswa dengan penerapan metode Sosiodrama dalam proses pembelajaran di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanggul yaitu pada siklus I, dan II. Setelah melakukan penelitian persiklus serta melihat peningkatan hasil belajar dan karakter siswa dengan menggunakan metode Sosiodrama.