PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERRED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri Jatiroto pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Genap Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep Permintaan dan Penawaran Uang Tahun Ajaran 2012/2013)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas X-7 SMA Negeri Jatiroto. Penelitian ini
dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara,
dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu
memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa,
pada siklus I, diketahui skor rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 2.58
(kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3.18 (kategori
tinggi). Hasil belajar siswa yang diperoleh dari ulangan harian menunjukkan
bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 78.73 dengan persentase
ketuntasan klasikal sebesar 70.59 %. Sedangkan, hasil belajar siswa pada siklus II
nilai rata-rata siswa sebesar 81 dengan pencapaian ketuntasan klasikal sebesar 100%.
Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Numberred Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemandirian
dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran Ekonomi
SMA Negeri Jatiroto bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe Numberred Head
Together (NHT) dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran, yang dapat
digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa terhadap suatu
materi yang diajarkan.