• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERRED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri Jatiroto pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Genap Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep Permintaan dan Penawaran Uang Tahun Ajaran 2012/2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Taufan Dwi Susilo - 080210391032_1.pdf (1.024Mb)
    Date
    2014-04-22
    Author
    TAUFAN DWI SUSILO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di kelas X-7 SMA Negeri Jatiroto. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa, pada siklus I, diketahui skor rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 2.58 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3.18 (kategori tinggi). Hasil belajar siswa yang diperoleh dari ulangan harian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 78.73 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70.59 %. Sedangkan, hasil belajar siswa pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 81 dengan pencapaian ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numberred Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri Jatiroto bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe Numberred Head Together (NHT) dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa terhadap suatu materi yang diajarkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57261
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository