PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PROGRAM ADOBE FLASH CS3 MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS X PM SEMESTER GENAP SMK PGRI 05 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Efisiensi multimedia interaktif dalam mencapai tujuan pembelajaran terkait
dengan alokasi waktu yang digunakan dan hasil yang dicapai. Pada uji coba kelas
terbatas dan lebih luas diperoleh data mengenai alokasi waktu yang digunakan, yaitu
pada kelas eksperimen sebanyak 2 pertemuan (4×45 menit), sedangkan pada kelas
kontrol sebanyak 5 pertemuan (10×45 menit). Dengan demikian, media interaktif
yang dikembangkan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran
Berdasarkan hasil analisis data, efektifitas media adobe flash CS3 dalam
mencapai tujuan pembelajaran dapat diketahui berdasarkan hasil observasi sikap
siswa terhadap media interaktif yang diperoleh rata-rata 77,96, secara proses
penggunaan media interaktif adobe flash CS3 menunjukkan baik. Selain itu juga
melalui hasil uji t (t-test), pada uji coba kelas lebih luas, diperoleh nilai t hitung 7,071
> dari t table 2,011, sehingga dapat disimpulkan bahwa antara nilai posttest kelas
kontrol dan eksperimen memberikan hasil yang berbeda..