• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN HASIL ULANGAN DITINJAU DARI PEMBERIAN SOAL YANG DIINFORMASIKAN RUBRIK DAN BOBOT PENILAIANNYA DENGAN YANG TIDAK DIINFORMASIKAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI ARJASA TAHUN PELAJARAN 2013-2014

    Thumbnail
    View/Open
    Rini Mardiah - 080210391043_1.pdf (393.1Kb)
    Date
    2014-04-22
    Author
    RINI MARDIAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Negeri Arjasa tahun pelajaran 2013-2014. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang bersifat eksperimen semu. Populasi penelitian terdiri dari empat kelas yang diajar oleh guru yang sama terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan diambil dua kelas sebagai sampel dengan teknik undian yaitu dengan cara diundi secara acak karena setiap kelas sudah homogen. Satu kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan soal yang diinformasikan bobot penilaian beserta rubriknya dan kelas yang satunya sebagai kelas kontrol yang tidak diinformasikan bobot penilaian dan rubriknya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik dengan menggunakan uji chi kuadrat dan t tes dengan menggunakan instrumen penilaian berupa tes yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil ulangan antara soal yang diinformasikan rubrik dan bobot penilaian pada kelas eksperimen dengan yang tidak diinformasikan pada siswa kelas X SMA Negeri Arjsa tahun pelajaran 2013-2014. Hasil ulangan yang diperoleh setelah soal diinformasikan rubrik dan bobot penilaian lebih tinggi dibandingkan dengan hasil ulangan dengan soal yang tidak diinformasikan rubrik dan bobot penilaiannya. Hal tersebut dibuktikan dengan besar t tes = 2,66 pada ulangan harian pertama dan 4,36 pada ulangan kedua yang melebihi t tabel = 1,668 sehingga dapat diterangkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57250
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository