PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kalisat Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013 )
Abstract
Hasil penelitian dapat diketahui dengan penerapan metode pembelajaran berbasis masalah terbukti dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kalisat pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Peningkatan keterampilan tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 1,99 dan pada siklus II adalah 2,59. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa meningkat dari kategori rendah menjadi tinggi. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 75,67% yang masih belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan ketuntasan belajar pada siklus II mencapai 89,19%, yang berarti pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan oleh sekolah.