• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X5 SMA Muhammadiyah 3 Jember Semester Ganjil Tahun 2013-2014 Pada Mata Pelajaran Ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan polaperilaku Konsumen dan produsen Dalam Kegiatan Ekonomi)

    Thumbnail
    View/Open
    MUHAMMAD TAUFIK - 070210391140_1.pdf (248.5Kb)
    Date
    2014-04-22
    Author
    Muhammad Taufik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.5 di SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Ajaran 2013/2014. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi, metode wawancara dan metode angket. Penerapan media Video dalam pembelajaran Ekonomi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Skor motivasi belajar siswa sebelum menerapkan media Video sebesar 1,92, sedangkan skor motivasi siswa pada siklus I sebesar 2,69, dan skor pada siklus II sebesar 3,53. Motivasi belajat siswa terus mengalami peningkatan seiring dengan perbaikan cara mengajar guru. Penerapan media Video dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa seiring dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media Video memiliki ketuntasan belajar sebesar 31,11%, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 40%, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80%. Hasil belajar siswa kelas X.5 di Muhammadiyah 3 Jember mengalami peningkatan setelah penggunaan media Video. Hasil belajar siswa terus meningkat seiring dengan peningkatan motivasi belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57242
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository