PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X5 SMA Muhammadiyah 3 Jember Semester Ganjil Tahun 2013-2014 Pada Mata Pelajaran Ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan polaperilaku Konsumen dan produsen Dalam Kegiatan Ekonomi)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.5 di SMA Muhammadiyah 3
Jember Tahun Ajaran 2013/2014. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri
dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi, metode
wawancara dan metode angket.
Penerapan media Video dalam pembelajaran Ekonomi dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa. Skor motivasi belajar siswa sebelum menerapkan media Video
sebesar 1,92, sedangkan skor motivasi siswa pada siklus I sebesar 2,69, dan skor pada
siklus II sebesar 3,53. Motivasi belajat siswa terus mengalami peningkatan seiring
dengan perbaikan cara mengajar guru.
Penerapan media Video dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil
belajar siswa seiring dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil belajar siswa
sebelum menggunakan media Video memiliki ketuntasan belajar sebesar 31,11%,
pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 40%, dan pada siklus II
persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80%. Hasil belajar siswa kelas X.5
di Muhammadiyah 3 Jember mengalami peningkatan setelah penggunaan media
Video. Hasil belajar siswa terus meningkat seiring dengan peningkatan motivasi
belajar siswa.