PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KFC JEMBER
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan
dengan menggunakan metode Purposive yang dilaksanakan di KFC Jember dan
penentuan responden penenlitian menggunakan Accidental Sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, dan
wawancara. Angket dalam penelitian ini sebelumnya diuji dengan menggunakan uji
validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan
analisis inferensial (analisis regresi linier berganda, analisis varians garis regresi,
koefisien determinasi berganda, koefisien determinan parsial, uji F, uji t, dan standart
error estimate dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan menggunakan
program SPSS 18,00 for windows).
Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Ŷ = -9,215 + 0,530X1 +
0,295X2 + ei. R2 (R square) sbesar 0,831. Uji F diperoleh hasil Fhitung sebesar 115,274
dan Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 3,195 dengan menggunakan kriteria
pengujian yaitu Fhitung > Ftabel maka Ho ditolah dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan
bahwa semua variabel bebas (kualitas produk dan kualitas pelayanan) secara simultan
memiliki pengaruh terhadap kepuasaan konsumen. Besarnya pengaruh tersebut
sebesar 83,1%. Sedangkan secara parsial, kualitas produk memiliki pengaruh sebesar
55,7036% dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 27,4214%
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa: 1) kualitas
produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasaan konsumen di KFC
Jember sebesar 83,1% dan 2) kualitas produk memiliki pengaruh yang paling
dominan terhadap kepuasaan konsumen di KFC Jember sebesar 55,7036%.