IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY EDUCATION DI SMK NEGERI 1 JEMBER PADA ASPEK PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Abstract
Penelitian ini diperoleh hasil bahwa implementasi Total Quality Education di
SMK Negeri 1 Jember pada aspek pengembangan kurikulum dan tenaga
kependidikan telah berjalan dengan efektif. Pertama, pada aspek pengembangan
kurikulum. Keefektifan implementasi TQE pada aspek ini dapat dilihat pada standar
yang digunakan dalam evaluasi ini yaitu kelengkapan administrasi kurikulum yang
termasuk dalam kategori S (Semua), penyusunan program pengajaran tahun ajaran
baru yang termasuk dalam kategori S (Semua), kepemilikan buku pelajaran yang
termasuk dalam kategori S (Semua), kepemilikan modul dan hand out berbahasa
Inggris yang termasuk dalam kategori SB (Sebagian Besar), serta pelaksanaan
evaluasi pada setiap akhir kompetensi yang termasuk dalam kategori S (Semua).
Kedua, pada aspek tenaga kependidikan. Keefektifan implementasi TQE pada
aspek ini dapat dilihat pada standar yang digunakan dalam evaluasi ini yaitu
kemampuan mengajar dengan pengantar bahasa Inggris dan mempunyai sertifikat
TOEIC yang termasuk dalam kategori SK (Sebagian Kecil), kemampuan guru dalam
menggunakan komputer dan viewer yang termasuk dalam kategori S (Semua),
kemampuan guru dalam mengakses internet yang termasuk dalam kategori S
(Semua), kemampuan guru dalam menyiapkan pembelajaran berbasis e-learning yang
termasuk dalam kategori SB (Sebagian Besar), serta kemampuan mengembangkan
bahan ajar dan kompetensi profesional sesuai dengan perkembangan iptek dan zaman
yang termasuk dalam kategori S (Semua).