PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PRIMKOP DHARMA PUTRA JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas anggota PRIMKOP DHARMA PUTRA Jember. Hasil
pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yaitu Fhitung > Ftabel (566,044 >
2,327) dan α = 0,05 > Sig F = 0,000dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 86,9%
sedangkan sisanya yaitu 13,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Faktor lain yang dimaksud yaitu biaya, lokasi, promosi, dan
sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan
memberikan kontribusi yang cukup positif terhadap loyalitas anggota PRIMKOP
DHARMA PUTRA Jember. Hal ini dikarenakan kualitas pelayanan merupakan hal
yang terpenting yang harus diperhatikan dalam suatu usaha seperti yang dijalankan
oleh PRIMKOP DHARMA PUTRA Jember agar dapat memberikan kepuasan kepada
anggota sehingga anggota menjadi loyal terhadap koperasi. Adanya kualitas
pelayanan yang diberikan kepada anggota, maka selain anggota merasa puas juga
membuat mereka tetap setia kepada PRIMKOP DHARMA PUTRA Jember.