Show simple item record

dc.contributor.authorLisaadah
dc.date.accessioned2013-12-06T07:33:54Z
dc.date.available2013-12-06T07:33:54Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204212
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5718
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Apabila pada siklus pertama hasil belajar siswa tergolong tuntas secara keseluruhan maka siklus dihentikan, tetapi apabila belum tuntas maka dapat dilanjutkan pada siklus kedua. Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mengalami peningkatan yaitu pada siklus I persentase aktivitas siswa secara klasikal dalam pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mencapai 73,26%, aktivitas siswa dan pada siklus II mencapai 80,21 %. Pembelajaran melalui model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada setiap siklus. Persentse ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 58,33 %. Dan pada siklus II mencapai 83,33 %. Oleh karena persentase aktivitas siswa telah mencapai 75 % dan persentase ketuntasan hasil belajar telah mencapai 70 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Implementasi pembelajaran matematika dengan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) berjalan lancar, 2) Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran melalui model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) mengalami peningkatan, 3) Pembelajaran matematika dengan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah hendaknya memberikan fasilitas untuk pengadaan media dan penambahan wawasan terhadap guru-guru SDN Langkap 01 agar pembelajaran menjadi lebih baik dan optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204212;
dc.subjectCooperative Learning, Stad (Student Teams Achievement Division), Unsur Bangun Dataren_US
dc.titleIMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENGENAL UNSUR BANGUN DATAR KELAS II SDN LANGKAP 01 BANGSALSARIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record