PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DITINJAU DARI AKUNTABILITAS (Studi Kasus pada SD Jember Lor 3 tahun Anggaran 2012)
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengelolaan dana BOS SD Jember Lor 3 ditinjau dari akuntabilitas tahun anggaran
2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Tempat penelitian ditentukan
dengan menggunakan metode Purposive Area yang dilaksanakan di SD Jember Lor 3
dan penentuan informan penelitian menggunakan Purposive. Teknik pengmpulan
data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan ialah dengan cara membandingkan dana yang
direncanakan dengan dana yang digunakan oleh sekolah SD Jember Lor 3.
Hasil dari analisis data yang dilakukan peneliti mendapatkan bahwa ratio
antara perencanaan dengan penggunaan pada bulan Januari-Juni 2012 yang
mengalami kekurangan dana perencanaan meliputi kegiatan pengembangan
kurikulum/ KTSP, pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, pengembangan
sarana dan prasarana. Sedangkan bulan Juli-Desember 2012 yang mengalami
kekurangan dana perencanaan pengembangan kurikulum/KTSP, pengembangan
sarana dan prasarana, pengembangan dan implementasi manajemen sekolah. Belanja
pegawai merupakan kegiatan yang selalu mengalami kesamaan antara dana yang
direncanakan dengan dana yang digunakan.
Selain membandingkan dana perencanaan dengan dana yang digunakan
peneliti juga meneliti tentang pengelolaan secara administratifnya. Ternyata peneliti
menemukan bahwa laporan keuangan SD Jember Lor 3 masih ada kekurangan untuk
pencatatan laporan realisasi pada bulan Juli-Desember 2012 seharusnya ada saldo
dari semester lalu sebesar Rp. 9.002.200 yang harusnya dicantumkan sebagai
tambahan penerimaan sekolah tetapi pada realisassi anggaran dana tidak ada. Untuk
penerbitan sekolah sudah melakukannnya sesuai dengan aturan dari pemerintah
dimana RKAS dan laporan realisasi harus dipajang di sekolah dan diberikan kepada
orang tua siswa sebagai bentun pertanggungjawaban sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyimpulkan bahwa pengelolaan
dana BOS SD Jember Lor 3 jika ditinjau dari akuntabilitas masih belum bisa
menyesuaikan jumlah dana yang sekolah rencanakan diawal pembelajaran dengan
dana yang sekolah gunakan pada saat periode pembelajaran. Hal ini dikarenakan
sekolah belum melakukan taksiran harga dengan cermat dan kurangnya sekolah
dalam memaksimalkan peran komite dan wali murid.