PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA POKOK BAHASAN PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP DI SDN SUMBERSARI 02 JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil belajar dengan kualifikasi
memuaskan, sebelum dilakukannya model problem based learning yaitu sebesar
32,50%, sedangkan pada siklus 1 hanya sebesar 13,51%, sehingga mengalami
penurunan. Pada siklus 2 persentase hasil belajar siswa pada kualifikasi memuaskan
mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu yang semula hanya 13,51% menjadi
37,50% mengalami peningkatan sebesar 23,99%. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa rata-rata skor keterampilan berikir kritis siswa pada siklus 1 sebesar 1,60
dengan kategori rendah, sedangkan pada siklus 2 sebesar 2,01 dengan kategori sedang
sehingga peningkatannya dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,41.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) penerapan model Problem Based
Learning pada pokok bahasan penyesuaian diri makhluk hidup dapat meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN Sumbersari 02; 2) penerapan model
Problem Based Learning pada pokok bahasan penyesuaian diri makhluk hidup dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 02.