PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PENGOLAHAN DATA SISWA KELAS VI B SDN BANGSALSARI 03 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran matematika realistik pokok bahasan pengolahan data mangalami
peningkatan. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 65% pada siklus
I menjadi 80% pada siklus II, yang berarti mengalami peningkatan sebesar 15%.
Hasil penelitian tindakan juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Rata-rata nilai tes meningkat dari 63,13 pada siklus I menjadi 70 pada
siklus II, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengingkat dari 72%
pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan adanya
peningkatan persentase hasil belajar siswa sebesar 15%.
Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan PMR pada
pembelajaran matematika pokok bahasan pengolahan data dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI B SDN Bangsalsari 03. Berdasarkan
kesimpulan tersebut, untuk menerapkan pendekatan matematika realistik, guru harus
mempertimbangkan dengan baik jenis materi dan aktivitas yang akan digunakan agar
jam pelajaran dapat dimanfaatkan dengan efisien. Selain itu, siswa perlu mendapat
bimbingan khusus untuk meningkatkan kemampuan berhitungnya.