• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN PROSES PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI SDN RAMBIGUNDAM 02 TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Luky Wahyuning Asandi - 100210204033_1.pdf (69.72Kb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    Luky Wahyuning Asandi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa persentase skor aktivitas belajar klasikal pada pembelajaran siklus I dengan metode Role Playing sebesar 70,06 dengan jumlah siswa dengan kriteria sangat aktif 12 siswa, aktif 20 siswa, cukup aktif 11 siswa, dan kurang aktif 7. Sedangkan persentase skor aktivitas belajar klasikal pada siklus II sebesar 84 dengan jumlah siswa sangat aktif 37 siswa, aktif 7 siswa, cukup aktif 4 siswa, kurang aktif 2 siswa, dan tidak ada siswa yang sangat kurang aktif. Peningkatan aktivitas belajar sebesar 13,94%. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 80,7, sedangkan pada siklus II persentase skor hasil belajar secara klasikal menjadi 87 meningkat 6,3% dimana terdapat 38 siswa, baik 9 siswa, cukup baik 2 siswa, kurang baik 1 siswa, dan tidak ada siswa yang sangat kurang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran PKn dengan pokok bahasan proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) melalui metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Rambigundam 02. Saran dalam peneliitian ini hendaknya pembelajaran dengan metode Role Playing dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57180
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository