• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMINO YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS III DI SDN BINTORO 01 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Hendrik Vandeska Usman - 080210204299_1.pdf (455.2Kb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    HENDRIK VANDESKA USMAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran menggunakan permainan kartu domino dalam pembelajaran sub pokok bahasan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah siswa kelas III SDN Bintoro 01 Kecamatan Patrang Jember secara keseluruhan berjalan sesuai dengan prosedur permainan meskipun terdapat beberapa kendala yang terjadi selama pembelajaran siklus I, namun kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan baik pada siklus II dengan sedikit perbaikan dalam permainan maupun pembelajaran; 2) pembelajaran dengan permainan kartu domino dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar sebanyak 12,25%. Dari hasil observasi rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 56,25% dengan rincian sebagai berikut: bertanya/mengemukakan pendapat 38,75%; kerjasama dalam kelompok 60%; kelancaran bermain 61,25%; menjawab pertanyaan 66,25%; dan menulis pada tabel kesalahan 55%. Pada siklus II rata-rata aktivitas siswa mencapai 68,5% dengan rincian sebagai berikut: bertanya/mengemukakan pendapat 60%; kerjasama dalam kelompok 65%; kelancaran bermain 70%; menjawab pertanyaan 71,25%; dan menulis pada tabel kesalahan 76,25%; 3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai persentase ketuntasan secara klasikal. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I mencapai 65% dan pada siklus II mencapai 80%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57178
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository