PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK INTENSIF BERITA MELALUI TEKNIK ISIAN RUMPANG PADA SISWA KELAS VI SDN JENGGAWAH 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012-1013
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil beberapa
kesimpulan ”Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita melalui Teknik Isian
Rumpang pada Siswa Kelas VI SDN Jenggawah 02 Tahun Pelajaran 2012/2013”
berjalan dengan baik. Siswa menyimak berita, mengisikan kata atau kalimat pada teks
berita yang dirumpangkan, dan menceritakan kembali berita yang telah disimak
dengan bahasa sendiri. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 68,70. Setelah
menggunakan metode isian rumpang kata pada siklus 1, ada peningkatan nilai ratarata
siswa menjadi 74,90 dan siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar yaitu 39
siswa atau 67%. Pada siklus 2 nilai rata-rata siswa naik menjadi 95,70 dan jumlah
siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 54 siswa atau 93%.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan teknik isian rumpang terbukti
dalam peningkatan hasil belajar menyimak berita siswa kelas VI SDN Jenggawah 02,
dengan demikian maka disarankan agar dalam melaksanakan pembelajaran di
sekolah, teknik isian rumpang dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam
meningkatkan kemampuan dan hasil belajar khususnya pada pembelajaran menyimak
berita mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI SD.