UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS VI SDN MADUREJO 02 KEC. PASIRIAN KAB. LUMAJANG
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan
observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive
area, yaitu pada kelas VI di SDN Madurejo 02 Kec. Pasirian Kab. Lumajang.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes,
wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL
dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VI SDN Madurejo 02
Kec. Pasirian Kab. Lumajang pada mata pelajaran Sains pokok bahasan Energi dan
Perubahannya tahun ajaran 2011/2012. Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari
kriteria keaktifan siswa yang meningkat dari kriteria sedang menjadi kriteria aktif.
Peningkatan prestasi belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan pencapaian
ketuntasan klasikal 76,19% pada siklus I dan 82,05% pada siklus II.