Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Wahyu Hastuti
dc.date.accessioned2014-04-21T03:14:36Z
dc.date.available2014-04-21T03:14:36Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM100210204036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57173
dc.description.abstractPembelajaran IPS melalui metode inkuiri pada pokok bahasan kegiatan ekonomi di kelas VA terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data, persentase kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari pembelajaran melalui metode inkuiri mengalami peningkatan dari sebelum pelaksanaan siklus sebesar 51% meningkat menjadi 69,4% pada siklus I. Peningkatan dari sebelum pelaksanaan siklus ke siklus I sebesar 18,4%. Sementara, setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 16,6% dari siklus I sebesar 69,4% menjadi 86% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan siklus sebesar 37,5% meningkat menjadi 90% pada siklus I. Peningkatan sebelum pelaksanaan siklus ke siklus I sebesar 52,5%. Sementara, ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 90% meningkat menjadi 97,5%, dengan peningkatan sebesar 7,5%. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran IPS melalui metode inkuiri pada pokok bahasan kegiatan ekonomi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kepatihan 06 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih mudah memahami konsep dari materi yang diajarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204036;
dc.subjectMetode Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI SDN KEPATIHAN 06 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record