• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED SUB POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK KELAS V SD

    Thumbnail
    View/Open
    Didit Rahdiarjo - 100210204015_1.pdf (101.9Kb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    Didit Rahdiarjo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil pengembangan yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran yang berorientasi pendekatan open-ended sub pokok bahasan volume kubus dan balok di kelas V SD, yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB. Perangkat pembelajaran tersebut telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa, LKS dan THB), karena koefisien validitasnya > 0,60, yaitu berturut-turut adalah 0,78; 0,76; 0,81; dan 0,75. b) praktis, diperoleh dari hasil analisis lembar observasi persentase aktivitas guru model dari pertemuan 1, 2, 3, dan 4 yang berkategori baik berturut-turut adalah 83,33%, 86,66%, 90%, dan 93,33%. c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas belajar siswa yang berkategori baik dari pertemuan 1, 2, 3, dan 4 yaitu 82,29%, 85,05%, 87,01%, dan 90,34%, (2) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu ≥ 80%, (3) tes juga diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa di kelas V SDN 2 Klatakan Situbondo mendapat skor ≥ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Dari proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan open-ended, maka dapat disimpulkan bahwa RPP, buku siswa, LKS, dan THB layak digunakan oleh guru dan siswa kelas V SD, mudah digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Saran yang dapat dituliskan pada penelitian ini adalah sebagai bahan masukan untuk membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan open-ended untuk materi pelajaran yang lainnya bagi guru maupun peneliti lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57171
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository