PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED SUB POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK KELAS V SD
Abstract
Hasil pengembangan yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran yang
berorientasi pendekatan open-ended sub pokok bahasan volume kubus dan balok di
kelas V SD, yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB. Perangkat
pembelajaran tersebut telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu:
a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa,
LKS dan THB), karena koefisien validitasnya > 0,60, yaitu berturut-turut adalah
0,78; 0,76; 0,81; dan 0,75.
b) praktis, diperoleh dari hasil analisis lembar observasi persentase aktivitas guru
model dari pertemuan 1, 2, 3, dan 4 yang berkategori baik berturut-turut adalah
83,33%, 86,66%, 90%, dan 93,33%.
c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas belajar siswa yang
berkategori baik dari pertemuan 1, 2, 3, dan 4 yaitu 82,29%, 85,05%, 87,01%,
dan 90,34%, (2) persentase respon positif siswa terhadap perangkat
pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu ≥ 80%, (3) tes juga diperoleh
bahwa lebih dari 80% siswa di kelas V SDN 2 Klatakan Situbondo mendapat
skor ≥ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan interpretasi tinggi
dan derajat reliabilitasnya tinggi.
Dari proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi
pendekatan open-ended, maka dapat disimpulkan bahwa RPP, buku siswa, LKS, dan
THB layak digunakan oleh guru dan siswa kelas V SD, mudah digunakan oleh guru
dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran
yang diharapkan. Saran yang dapat dituliskan pada penelitian ini adalah sebagai
bahan masukan untuk membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran
berorientasi pendekatan open-ended untuk materi pelajaran yang lainnya bagi guru
maupun peneliti lanjut.