MISKONSEPSI TENTANG FOTOSINTESIS PADA SISWA KELAS V SDN 4 TREBUNGAN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 4 Trebungan Kecamatan Mangaran
Kabupaten Situbondo dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek
penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 4 Trebungan tahun pelajaran
2013/2014, dengan jumlah 13 siswa yang terdiri dari 5 siswi perempuan dan 8 siswa
laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 06 November 2013 sampai
dengan 07 November 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Miskonsepsi pada siswa SDN 4 Trebungan tentang materi fotosintesis terjadi
pada setiap soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi
tertinggi terjadi pada konsep hasil fotosintesis dengan persentase 62%, sedangkan
persentase miskonsepsi terendah terdapat pada konsep tempat terjadinya fotosintesis
dan penerapan fotosintesis dengan persentase 15%. Persentase miskonsepsi siswa
pada konsep pengertian fotosintesis dan reaksi fotosintesis sebesar 46%, konsep
peran klorofil sebanyak 38%, konsep bahan fotosintesis sebesar 31%, konsep
pernyataan tentang fotosintesis, percobaan fotosintesis dan waktu terjadinya
fotosintesis sebanyak 23%.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ditemukan adanya
miskonsepsi pada siswa SDN 4 Trebungan dan penyebab miskonsepsi yang dialami
oleh siswa SDN 4 Trebungan bersumber dari siswa 62%, guru dan siswa 23%, guru
15%, maupun buku 7%.