• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR ANTARA PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI WARGA BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PAKET C SKB BONDOWOSO 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Oki Charista Herjaktian - 090210201002_1.pdf (186.4Kb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    Oki Charista Herjaktian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil antara penerapan metode ceramah dengan metode diskusi kelompok terhadap prestasi belajar warga belajar paket C mata pelajaran bahasa Indonesia SKB Bondowoso 2013-2014. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian Eksperimental semu (Quasi Eksperimen) dengan data kuantitatif menerapkan uji Paired Samples T-test. Dalam penelitian ini responden yang diambil menggunakan teknik populasi, dengan jumlah 26 orang yang merupakan keseluruhan dari warga belajar kelas XII Paket C SKB Bondowoso. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Dengan desain penelitian kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini dibantu dengan menggunakan software SPSS ( Statistical Program For Social Science ) v.15 For Windows dengan teknik Quasi Eksperimental Seri. Berdasarkan Hasil uji t-test paired diperoleh Hasil Uji t pada paired samples statistics menunjukan hasil bahwa dari adanya proses pembelajaran yang dilakukan dengan dua perlakuan yang berbeda memiliki hasil yang berbeda antara sebelum dan sesudah, dengan menggunakan metode ceramah hasil tes diperoleh rata-rata sebesar 52,30 sedangkan dengan metode diskusi kelompok diperoleh hasil dengan rata-rata 80,38. Sedangkan pada paired samples correlations hasil uji menunjukan bahwa korelasi antara dua variabel sebesar 0,536 dengan sig sebesar 0,005. Ini menunjukan bahwa korelasi antara dua variabel rata-rata pada saat sebelum dan sesudah perlakuan khusus hasilnya kuat dan signifikan. Pada paired sample test hasil uji hipotesisnya hasil uji t sebesar -20,631 dengan sig sebesar 0,000. Karena sig <0,005 maka dapat disimpulkan bahwa (Ha) Diterima dan (Ho) Ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok lebih baik bila dibandingkan dengan metode ceramah terhadap prestasi warga belajar paket C mata pelajaran bahasa Indonesia SKB Bondowoso 2013-2014. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok hasilnya lebih baik terhadap prestasi belajar warga belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57157
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository