dc.description.abstract | Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, maka dapat
disimpulkan bahwa tingkat pencapaian target berdasarkan indikator meningkatnya
kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung) para peserta didik dapat
disimpulkan cukup berhasil, karena sebagian besar para warga belajar (WB)
kemampuan calistungnya sudah meningkat. Adapun rincian jumlah peserta didik
Program Keaksaraan Dasar di Desa Mojogemi yang kemampuan membacanya
meningkat sebesar 60%, kemampuan menulis sebesar 58,3%, berhitung sebesar
81,6% dan jumlah rata-rata peningkatan dari ketiga kemampuan tersebut berada di
atas 50%, yaitu sebesar 66,63%. Selanjutnya, tingkat pencapaian target
berdasarkan indikator minimal 80% WB berhasil mendapatkan surat keterangan
melek aksara (SUKMA), dapat disimpulkan tidak berhasil. Hal ini dikarenakan
jumlah WB yang berhasil mendapatkan SUKMA berjumlah 27 WB dari total 60
WB yang ikut serta, yang apabila diprosentasekan hanya sebesar 45%. Faktorfaktor
yang mendukung tingkat pencapaian target antara lain; tingginya motivasi
belajar WB, tingginya motivasi tutor dalam menjalankan tugas, mata pencaharian
penduduk, sarana dan prasarana, kekompakan kelompok belajar. Kemudian,
faktor-faktor yang menghambat tingkat pencapaian target antara lain; rendahnya
motivasi belajar WB, rendahnya motivasi tutor dalam menjalankan tugas, mata
pencaharian WB, usia dan kesehatan penduduk. | en_US |