• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    DISKRESI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN SEKOLAH DASAR (BSM-SD) (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Sebanen II Kalisat Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    AULIA KAMAL ALTATUR - 070910201070_1.pdf (411.5Kb)
    Date
    2014-04-16
    Author
    AULIA KAMAL ALTATUR
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitiannya adalah sekolah dengan menggunakan dasar Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merancang pelaksanaan program dengan mengurangi ketentuan-ketentuan yang berlaku. Kegiatan yang dilakukan adalah dalam bentuk pengelolaan dana untuk diadakan peralatan sekolah, selanjutnya peralatan sekolah dibagi merata kepada setiap siswa di sekolah. Dasar sekolah untuk pengelolaan dana dan pembagian peralatan sekolah kepada setiap siswa ini dikarenakan beberapa hal berikut: 1) Kuota atau batasan jumlah penerima tidak sesuai dengan jumlah masyarakat miskin yang ada di sekolah; 2) Kurangnya kesadaran masyarakat penerima program untuk menggunakan bantuan sebagaimana tujuan yang ditetapkan; dan 3) Potensi konflik yang dimungkinkan terjadi akibat kecemburuan sosial antara masyarakat penerima dan yang tidak menerima bantuan. Dengan sistem penyaluran demikian berdampak kepada jumlah yang diterima bagi siswa penerima yang terdaftar dalam pengajuan program BSM-SD. Jumlah yang seharusnya Rp 360.000,00 per siswa yang terdaftar dalam calon penerima tahun ajaran 2011/2012, berkurang menjadi Rp 157.000,00 persiswa. Diskresi pelaksana program dalam bentuk discretion in social planning berlaku di SDN Sebanen II Kecamatan Kalisat. Keleluasaan atau kewenangan yang dimiliki oleh pelaksana program adalah dengan membuat keputusan berdasarkan situasi dan kondisi yang dialami instansi pelaksana dalam melaksanakan program. Sekolah sebagai pelaksana program menggunakan kewenangannya dalam pelaksanaan program BSM-SD dengan mendasarkan kepada situasi dan kondisi masyarakatnya. Bentuknya adalah dengan mengurangi ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam pedoman pelaksanaan Program BSM-SD tahun 2012.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57084
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository