HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DENGAN ASOSIASI MEREK PADA KONSUMEN MINUMAN ISOTONIK POCARI SWEAT (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JEMBER)
Abstract
Dari kesimpulan diatas dapat terlihat bahwa komunikasi pemasaran terpadu Pocari Sweat berjalan dengan efektif dan optimal dalam mempengaruhi asosiasi merek, selanjutnya penulis mencoba menyampaikan saran bagi keberlanjutan dari program komunikasi pemasaran terpadu perusahaan produsen Pocari Sweat, sebagai berikut : penerapan program – program komunikasi pemasaran terpadu memiliki peranan yang cukup penting dalam membentuk ekuitas merek di mata konsumen, salah satunya pembentukan asosiasi merek pada konsumen. Program – program komunikasi pemasaran
yang diterapkan harus lebih efektif dan kontinyu, karena dengan semakin berkembangnya globalisasi konsumen cenderung menjadi lebih cerdas dalam menilai suatu produk, sehingga perusahaan dituntut agar lebih aktif dalam mengahadapi dinamika globalisasi yang terus berkembang. Pengembangan program – program komunikasi pemasaran suatu produk atau merek memberikan dampak positif terhadap kekuatan ekuitas suatu merek. Dengan peningkatan kekuatan ekuitas merek ini maka keharmonisan hubungan antara konsumen dengan merek dapat tercapai, serta meningkatkan kepercayaan konsumen dalam menentukan keputusan pembelian dan mengkonsumsi Pocari Sweat. Hal ini tentu berkaitan erat dengan eksistensi dan peningkatan penjualan merek atau produk tersebut.
Demi menjaga kontinyuitas dan berkembangnya program komunikasi pemasaran terpadu Pocari Sweat, maka dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran atau masukan yang berarti bagi perusahaan agar dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan serta evaluasi dalam mengambil keputusan bagi perusahaan, khususnya dalam hal komunikasi pemasaran terpadu berkaitan dengan pembentukan dan penyelarasan hubungan antara merek dengan konsumen.