PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN “PIA GLENMORE” BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada merek produk Pia Glenmore secara simultan maupun parsial. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda, uji validitas dan reliabilitas, pengujian hipotesis melalui uji F dan t, serta koefisien determinasi berganda (R2). Melalui uji F menunjukkan bahwa masing-masing dari variabel ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen merek produk pia Glenmore. Dibuktikan dengan adanya tabel Anova yang menunjukkan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (14,367 > 2,36) atau dengan nilai Signifikansi (0,004 < 0,005). Secara parsial masing-masing dari variabel ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen merek produk pia Glenmore. Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai t
hitung dari masing-masing variabel, yaitu: (1.702, 1.837, 1.931, 3.144) > 1,66940 dan signifikansi (0.033, 0.021, 0.015, 0.003) < 0,05. Dari nilai t hitung tersebut maka variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap tingkat keputusan pembelian konsumen merek produk Pia Glenmore adalah variabel loyalitas merek. Variabel loyalitas merek menjadi faktor dominan disebabkan oleh adanya indikator konsumen yang mempunyai komitmen yang baik pada merek pia Glenmore, konsumen melakukan pembelian berulang pada merek produk pia Glenmore, dan rekomendasi konsumen kepada calon konsumen lainnya.