PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERISTIWAPERISTIWA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN RI DI SD NEGERI SUGERLOR 3 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran yang menggunakan metode Cooperative Script sangat baik,
pelaksanaan di tiap siklusnya menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada
siklus I aktivitas siswa masih termasuk dalam kategori cukup aktif kemudian pada
siklus II aktivitas siswa meningkat dan termasuk dalam kategori aktif. Sedangkan
hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai kesiklus
akhir yaitu siklus II. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 63,3,
kemudian meningkat pada siklus I menjadi 74,4. Pada siklus II rata-rata hasil belajar
siswa kelas V meningkat lagi menjadi 78,4.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Cooperative Script
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada pokok bahasan
peristiwa-peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3 Bondowoso
pada tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan
saran, bagi guru: penerapan metode Coopertive Script dapat dijadikan salah satu
alternatif metode untuk diterapkan di kelas dan juga sebagai motivasi bagi guru untuk
menerapkan metode-metode yang bervariatif dalam pembelajaran, dalam penerapan
metode Cooperative Script maupun metode-metode lain sebaiknya semua siswa
memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan agar pembelajaran
berjalan baik dan lancar. Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut
mengenai metode Cooperative Script serta mengkombinasikan dengan metode lain
agar tujuan pembelajaran tercapai.