PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT YASMIN BANYUWANGI
Abstract
Secara simultan (melalui uji F) variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan pasien. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengolahan data bagian Anova diketahui bahwa nilai F hitung lebih besar dari F tabel (31, 859 > 2,32) atau nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Secara parsial keempat dari lima variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal ini ditunjukan dari nilai t hitung dari keempat variabel lebih besar dari nilai t tabel, nilai t dari masing-masing variabel kualitas pelayan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, dan jaminan) memiliki nilai t hitung : 2,183, 2,987, 2,346, 2,168 > 1,66256 dan signifikansi 0,022, 0,000, 0,012, 0,031 < 0,05. Sedangkan untuk variabel empati secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen, hal ini karena nilai t hitung pada variabel empati lebih kecil dari t tabel yaitu 1,124 < 1,66256 dan nilai signifikansinya lebih besar dari α yaitu 0,204 > 0,05. Pihak dari Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi diharapkan dapat mengevaluasi dan memperbaiki rasa perhatian yang diberikan kepada para pasiennya, memperhatikan kritik dan saran dari pasiennya, serta mengevaluasi dan memperbaiki tata cara dalam memberikan informasi yang dianggap penting oleh para pasiennya.
Variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap tingkat kepuasan pasien adalah variabel keandalan . Hal ini menandakan bahwa pasien pada Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi merasa puas terhadap kemudahan prosedur yang diberikan dan pelayanan yang sesuai dengan waktu yang dijanjikan oleh karyawan pada Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi.