IDENTIFIKASI ANATOMI AKAR BERDASARKAN TEMPAT HIDUP TUMBUHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA
Abstract
Akar merupakan organ tumbuhan yang sangat penting karena berperan
sebagai penyokong tumbuhan serta alat penyerap air dan unsur hara, sehingga bentuk
luar dan anatominya sesuai dengan fungsinya tersebut. Tumbuhan tidak hanya dibagi
atas tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil, akan tetapi juga dapat
dikelompokkan menjadi beberapa golongan sesuai dengan habitat hidupnya.
Berdasarkan habitatnya, tumbuhan secara umum dibedakan menjadi tumbuhan
xerofit, mesofit dan hidrofit. Masing-masing memiliki ciri khas yang membedakan
antara tipe tumbuhan satu dengan yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi Lembar Kerja Siswa
Tumbuhan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, tumbuhan xerofit
meliputi Acacia auriculiformis Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan menyesuaikan struktur anatominya sesuai dengan keadaan lingkungan. Pada tumbuhan xerofit struktur anatomi akarnya tidak terlalu berbeda dengan tumbuhan mesofit. Tumbuhan Xerofit memiliki lapisan korteks yang sedikit sehingga memudahkan air mencapai silinder
pembuluh dan ada pula yang berupa lapisan endodermis yang memiliki jalur kaspari
yang lebar sehingga masuknya air dan unsur hara lebih efesien ke silinder pembuluh.
Tumbuhan Mesofit yaitu tumbuhan yang mampu hidup dengan kondisi air yang
cukup sehingga mampu hidup di daerah yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu
basah akan tetapi di tempat lembab. Tumbuhan Hidrofit beradapatasi dengan adanya
lapisan aerenkim yang berguna sebagai tempat penyimpan udara pada saat respirasi
sel dan tidak adanya perisikel. Secara morfologi akar pada hidrofit tidak berkembang
seperti pada tumbuhan xerofit dan mesofit.
Lembar kerja siswa merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat
digunakan dalam proses pembelajaran. LKS harus didukung oleh perangkat
pembelajaran yang lain yaitu RPP sebagai landasan acuan dalam pelaksanaan
pembelajaran sehingga dapat memenuhi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Pengembangan perangkat pembelajaran didasarkan pada pokok bahasan SMA/MA
Kelas XI Semester I tentang Jaringan Tumbuhan.
Uji produk divalidasi oleh Ahli media yaitu Drs. Slamet Hariyadi M.Si dan 4
SMA/MA Negeri maupun Swasta di kabupaten Bondowoso. Hasil perhitungan dari
ahli media, jumlah skor yang didapat yaitu 58, berarti LKS tersebut memiliki kualitas
baik. Hasil yang diperoleh dan masukan dari ahli media menjadi pertimbangan untuk
melakukan revisi atau perbaikan terhadap LKS yang telah dibuat sebelum di validasi
di SMA/MA. Hasil perhitungan dari 8 validator dari 4 SMA/MA, RPP memiliki
jumlah rerata keseluruhan yaitu 51,13, sedangkan LKS yaitu 71,25. Dari hasil
perhitungan tersebut, RPP maupun LKS memiliki kualitas sangat baik bila digunakan
dalam menunjang proses pembelajaran di kelas pada pokok bahasan Jaringan
tumbuhan terutama anatomi akar.