• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN CANGKRING 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Lia Lathifah Firdaus.pdf (344.6Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Lia Lathifah Firdaus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cangkring 01 kecamatan Jenggawah kabupaten Jember pada siswa kelas V sebanyak 30 orang siswa, yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema Hopkins dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara berurutan masingmasing adalah sebesar 62,08% dan 77,22% yang termasuk pada kategori aktif. Kemudian hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari pelaksanaan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelum tindakan siklus dilakukan. Hal ini terbukti dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh sebelum tindakan siklus, siklus I, dan siklus II secara berturut-turut masing-masing adalah sebesar 43,33%, 76.67%, dan 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Cangkring 01. Disarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media lingkungan dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran IPA maupun maupun mata pelajaran lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5703
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository