ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN ROKOK DJARUM BLACK DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini akan dibahas masalah Alternatif Strategi Pemasaran Rokok Djarum
Black di Jember yang bertujuan untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang menjadi
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh P.T Djarum Black di
Jember serta mengetahui strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT (Strength,
Weakness, Opportunity, Treath). Dalam menetapkan strategi pemasaran pada perusahaan
digunakan metode Analisis SWOT yaitu dengan menentukan faktor strategis perusahaan,
kemudian diolah ke dalam tabel IFAS dan EFAS, serta adanya uji validitas dan
reliabilitas untuk mendapatkan pengukuran yang mampu memberikan hasil ukur yang
terpercaya (Reliable). Populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 50
responden, dimana terdiri dari 25 responden Internal dan 25 responden Eksternal
perusahaan. Data dari internal perusahaan diantaranya penyebaran kuesioner pada
pimpinan dan karyawan perusahaan, sedangkan dari eksternal perusahaan mencakup
konsumen secara umum. Berdasarkan hasil pengolahan data yaitu IE Matriks yang
mengacu pada perhitungan tabel IFAS dan EFAS menunjukkan P.T Djarum Black
Jember berada pada kuadran IV, dimana pada kuadran tersebut perusahaan menerapkan
strategi stabilitas. Dalam artian strategi yang diterapkan tanpa mengubah arah strategi
yang ditetapkan. Untuk langkah selanjutnya, perusahaan dapat menerapkan strategi
penguatan merek produk dan pemosisian ulang merek produk.
Analysis Summary), EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary), IE
Matrix (Internal-Eksternal Matrix