PERANCANGAN DAN PEMBUATAN REAR CONTROL ARM TMUNEJ-1 HYBRID VEHICLE
Abstract
Perancangan dan Pembuatan Rear Control Arm Tmunej-1 Hybrid Vehicle ini
mempunyai berbagai tujuan yang diharapkan dalam kemajuan teknik untuk
menciptakan mobil sebagai bahan tugas akhir. Selain itu agar terciptanya mobil
ini menjadikan motivasi untuk proyek akhir khususnya D3 berikutnya.
Teknologi Hybrid pada dasarnya menggunakan bahan bakar minyak dan
listrik secara bersamaan. Mobil hybrid bekerja secara komplementer dengan dua
buah sumber tenaga yaitu BBM dan listrik. Dengan menggabungkan dua sumber
tenaga tersebut konsumsi BBM akan dapat dihemat. Saat gas ditekan, mobil
masih bisa melaju dengan motor listriknya hingga 50 km per jam. Mesin bensin
baru akan bekerja jika mobil berada di atas kecepatan 50 km/jam atau ketika
baterai mobil tersedot habis.
Sistem suspensi adalah salah satu bagian chasis yang berfungsi untuk
memberikan kenyamanan bagi pengendara atau penumpang. Sistem suspensi
terletak antara body dan arm, dirancang untuk menyerap kejutan dari permukaan
jalan yang bergelombang sehingga sehingga menambah kenyamanan berkendara
dan memperbaiki kemampuan cengkraman roda terhadap jalan. Tugas akhir ini
akan merancang salah satu bagian rear control arm melengkapi bagian dari sistem
suspensi mobil. Rear control arm itu sendiri merupakan salah satu komponen
dalam sistem suspensi kendaraan mobil untuk menopang semua bagian suspensi
yang akan terhubung pada chasis.
Setelah dilakukan pengujian masih terdapat hal-hal yang perlu di
sempurnakan yaitu diantaranya pembuatan rangka disarankan memilih besi profil
yang lebih besar dari ukuran rangka mobil yang dirancang sekarang agar lebih
kuat.