ANALISIS EFEKTIVITAS LAJU PEMBUANGAN PANAS FLUIDA AIR DENGAN RADIATOR COOLANT (RC) PADA SEPEDA MOTOR
Abstract
Sepeda motor biasanya digunakan untuk menempuh perjalanan jauh dan dalam
jangka waktu yang lama. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat
suhu mesin melebihi suhu normal mesin saat bekerja penelitian ini perlu dilakukan
dan bertujuan untuk mengetahui laju pembuangan panas dan efektivitas antara fluida
air dengan radiator coolant (RC). Pada penelitian ini dilakukan pengujian
perbandingan antara air dengan radiator coolant (RC) dari berbagai merk, dengan
metode eksperimental. Dari penelitian tersebut diambil data antara lain temperatur
masuk dan keluar fluida pada radiator, dan temperatur masuk dan keluar udara (fan)
pada radiator, yang kemudian dilakukan pengolahan data untuk menentukan laju
aliran massa (m), panas spesifik fluida (Cp), laju pembuangan panas fluida (q), dan
efektivitas fluida. Hasil pengujian perbandingan fluida air terhadap fluida radiator
coolant (RC) menunjukan laju pembuangan panas dan efektivitas fluida RC Tipe A
yang paling tinggi yaitu sebesar 96.39 Watt (pada suhu 80ºC), 100.13 Watt (pada
suhu 82ºC), 98.63 Watt (pada suhu 83ºC) dan Efektivitasnya sebesar 1.50 % .
Kondisi ini menunjukkan fluida RC Tipe A memiliki kemampuan penyerapan dan
pembuangan panas mesin yang paling tinggi daripada air.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]