Analisis Tanggapan Masyarakat Terhadap Iklan Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX di Televisi pada Kecamatan Patrang
Abstract
enelitian ini berjudul “Analisis Tanggapan Masyarakat Terhadap iklan Sepeda
Motor Yamaha Jupiter MX di Televisi Pada Kecamatan Patrang”. Penelitian ini bertujuan
mengetahui respon atau tanggapan masyarakat terhadap iklan sepeda motor Yamaha
Jupiter MX di televisi dalam proses pengamatan masyarakat ditinjau dari aspek penilaian
(Attention, Interest, Desire, Conviction, Action).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini
adalah masyarakat yang memiliki televisi dan pernah melihat iklan sepeda motor Yamaha
Jupiter MX di televisi atau merupakan bagian pengguna sepeda motor yang diambil pada
semua penduduk dilingkungan Kecamatan Patrang yang berjumlah 85.343 jiwa dengan
pengambilan sampel sebanyak 100 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah
metode Analisis Proporsi dan Analisis Rata-Rata Hitung Tertimbang untuk mengetahui
tanggapan konsumen terhadap iklan sepeda motor Yamaha Jupiter MX di televisi
ditinjau dari aspek AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action).
Hasil perhitungan dari analisis Proporsi dan analisis Rata-Rata Hitung Tertimbang
diperoleh kesimpulan bahwa masing-masing variabel AIDCA (Attention, Interest, Desire,
Conviction, Action) mendapatkan nilai skor yang tinggi, yang artinya secara keseluruhan
mendapatkan persepsi yang tinggi dari masyarakat. Hasil pengukuran ini memberikan
gambaran bahwa ternyata iklan tersebut cukup menarik perhatian, dapat menciptakan
ketertarikan, menciptakan keinginan konsumen untuk menyaksikan iklan sepeda motor
Yamaha Jupiter MX dan memberikan nuansa keyakinan atas produk yang ditawarkan
serta mampu menggerakkan minat masyarakat untuk melakukan tindakan pembelian.